duniaku

merangkai kata demi kata berharap apa yang kutulis bisa kujadikan satu kenangan dimasa mendatang

Jumat, 21 Agustus 2009

sweet memory





"Nikkkkkkkkkkkkkk..(panggilan anak perempuan)"teriak suara ibu dari dalam rumah memanggilku yang masih asyik bermain bersama adik lelakiku..
"Yuttttttttttttt...(yaa)"jawabku sambil memocongkan bibir yang pastinya akan mengundang tawa ibuku hehehe
"Ndeng,ria ateragin ke bungkone Wo Pat'te ye!!(cepet,antar ini kerumahnya bude Pat ya)"Perintah ibuku sambil mengulurkan rantang bersusun dua buah.
Didesaku terdapat kebiasaan dikala menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri,tiap kepala keluarga akan memasak makanan dan lauk yang lebih istimewa dibanding biasanya.
Menyambut puasa para warga akan saling memberikan makanan yang dimasak dengan cara menghantar kerumah tetangga yang lain.
Dalam keadaan itu aku dan teman yang lain sangat senang..Kedatangan Ramadhan amat sangat istimewa,padahal buat kami yang masih berumur 9tahun tentulah belum mengerti apa itu Ramadhan selain diharuskan puasa wajib,karena orang tua kami berpuasa dan kami juga diharuskan ikut berpuasa.
Dan ada lagi..Ayam jago besar dan ganteng milik adik lelakiku disembelih hihihihi..
Sebenarnya adik lelakiku tidaklah ikhlas melihat ayam jago kesayangannya,yang tiap pagi dia elus,yang tiap sejam sekali ia lap dengan kain basah (padahal sehari pun dia belum mandi)harus tamat riwayatnya untuk kami makan!!!
Tapi ibuku yang hebat..Berhasil menyuap dia dengan uang sepuluh ribu,ngiri juga aku liat uang sepuluh ribu,padahal aku juga rajin ngasih makan itu si jago yang gantengnya minta ampun!!!!Dan benar-benar ibu yang bisa membaca pikiranku,,Dengan sembunyi-sembunyi ibu memberiku separuh lebih banyak dari pemberian untuk adik,tapi bersyarat lo,ura mung syukur ngewei!!!!Harus bantu ibu ngantar makanan ketetangga.
"Ok boss!!!..Tujuh ribu,dari pada aku nyari resekan kayu yang seikatnya kalo dijual nggak akan laku tujuh ribu hihihihi(ucapku sambil cekikikan kala itu)".
Setelah selesai tugasku,aku mandi dan bersiap pergi kemusholla tempat kumengaji.Imam disana adalah pamanku sendiri.Bersama kedua sepupuku dan adikku kami menimba ilmu agama disana,dari mulai belajar Alif,Ba,Ta,Tsa hingga kami lancar membaca alqur'an dan diharuskan mengaji kalong dipesantren didesaku!!!
Setelah isya' dimusholla diadakan acara selamatan,kami para jamaah membawa bakul berisi nasi dan lauk pauk.Aku membawa satu bakul begitu juga dengan adikku.Imam memimpin doa selamat penyambutan puasa(jangan tanya doanya gimana,aku ga tau lo).
Dan setelah doa selesai akhirnya tiba saat makan-makan.Saat inilah yang paling menyenangkan,karna ada sekitar 20 jamaah besar kecil..Berkumpul bersama dan duduk bersama, makan bersama dengan berpiringkan daun pisang tanpa sendok!!!!(alami hehehe)
Jamaah wanita dan pria dipisahkan dengan kain hijau,,,Dan dari belakang kudengar adikku memanggilku..
"Yuuukk.."
"Apah??"jawabku sambil berdiri keluar menghampirinya..
"Ole jukok apa hede?(dapat lauk apa kamu?)Tanya nya..
"Oleh telor(dapat telor)"Jawabku..
"Yak,popoh..Ria popone ajeme abek'eng hihihihi(ni paha,ini paha ayam kita)."Ucapnya cekikikan sambil menyodorkan satu paha ayam yang dibungkus daun pisang..
Hehehe..Aku mengingatnya sekarang saja,aku bisa tertawa sendiri..

Yah besok telah masuk bulan Ramadhan dan aku pun telah memperkirakan hari ini,sore ini mungkin didesaku akan sangat ramai dengan acara saling mengantar makanan,dan malam nanti kendurenan(selamatan dalam bahasa jawa) juga akan sangat menyenangkan,meski telah lama aku tak mengikuti,,Kenangan lampau itu masih tersimpan rapat dalam memori otakku!!!
Hongkongku..,Kuhanya dapat memandang larian mobil,cuaca terang dan panas!!!



21 agustus 2009
SELAMAT DATANG RAMADHAN 1430H,ditiap tahun kedatanganmu selalu membuatku rindu kampung halamanku!!!!!miss u always KALIPARE,NGEMBUL!!!

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda